Gara-gara Pengelola Stadion Wanda Metropolitano UEFA Akan Ubah Aturan Lokasi Final Liga Champions

Stadion Wanda Metropolitano memang sukses menjadi tempat digelarnya final Liga Champions musim 2018/2019, tetapi petinggi UEFA ternyata tak merasa puas dengan stadion tersebut.

Hal tersebut tak lepas dari berbagai kontroversi yang menghampiri Stadion Wanda Metropolitano dalam menggelar Liga final Liga Champions 2018/2019 antara Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Kontroversi tersebut dimulai dari para suporter Liverpool dan Tottenham Hotspur yang merasa tak puas kepada penyelenggara. Para suporter kedua tim tak senang soal jumlah jatah tiket yang didapat dan akomodasi perjalanan menuju ke Stadion Wanda Metropolitano.

Suporter kedua Liverpool dan Tottenham Hotspur mendapat jatah masing-masing berjumlah 16 ribu tiket masuk. Padahal, stadion yang menjadi markas Atletico Madrid tersebut berkapasitas 67 ribu penonton. Pada saat final berlangsung pun stadion tersebut terisi penuh.

Di masa depan, Presiden UEFA yakni Aleksander Ceferin pun mengaku akan berpikir dua kali untuk menempatkan final Jadwal Liga Champions di stadion dengan pengelolaan seperti Wanda Metropolitano.

Aleksander Ceferin akan menerapkan kebijakan untuk menempatkan final Liga Champions di stadion dengan pengelolaan bagus karena akan ada banyak penonton yang ingin menyaksikan langsung partai puncak perhelatan sepak bola terbesar di Eropa itu.

“Kami menyediakan 62 ribu tiket di Madrid untuk final Liga Champions, tetapi ada 980 ribu permintaan tiket yang masuk,” ungkap Ceferin yang dikutip dari RT.

Maka dari itu, sebagai sebuah solusi UEFA berencana akan menempatkan final Liga Champions di stadion-stadion besar pada masa yang akan datang. Menurut mereka, stadion besar memiliki reputasi bagus dalam pengelolaan pertandingan.

Selain itu, Aleksander Ceferin pun ingin menjaga reputasi final Liga Champions sebagai sebuah pertandingan akbar setiap tahunnya.

Berdasarkan hal tersebut, akan terjadi sebuah kekhawatiran dimana final Liga Champions akan digelar di stadion yang itu-itu saja dan tidak ada pilihan tempat yang beragam lagi.

Namun, ternyata Ceferin pun tidak mempermasalahkan hal tersebut dan lebih bersikap masa bodoh dengan pandangan itu.

“Jika menggelarnya di Stadion Wembley, kami bisa menyediakan jumlah 30 ribu tiket masuk lebih banyak. Seharusnya acara bergengsi digelar di stadion yang bergengsi pula,” tutur Ceferin.

Rencananya, Final Liga Champions musim 2019/2020 mendatang akan digelar di Stadion Olympic Ataturk yang berada di Negara Turki.

Di sisi lain, UEFA juga mendapat kritikan pedas soal pelaksanaan Liga Europa pada musim 2018/2019 antara Arsenal dan Chelsea yang digelar pada 29 Mei 2019 lalu.

Laga final Liga Europa yang berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Chelsea atas Arsenal itu mendapat kritikan karena pemilihan lokasi digelarnya turnamen sepak bola terbesar ke-2 di Eropa itu.

Pemilihan Kota Baku di Azerbaijan mendapat kritikan pedas karena terjadi konflik politik di negara tersebut dengan negara tetangganya, Armenia.

Buah dari konflik politik itu yakni salah satu pemain Arsenal, Henrikh Mkhitaryan, tidak bisa memperkuat timnya di laga pamungkas itu.

Namun demikian, Presiden UEFA itu memilih untuk cuek dalam menanggapi kritikan tersebut.

UEFA sudah memiliki rencana sendiri soal penyelenggaraan partai final Liga Europa pada musim 2019/2020 nanti. UEFA berencana untuk menggelar final Liga Europa 2019/2020 di Stadion Energa Gdansk yang terletak di Polandia.

Stadion tersebut mampu menampung jumlah penonton sebanyak 43,6 ribu orang.

Menurut Anda sebagai pembaca, stadion mana kah yang cocok untuk dijadikan tempat digelarnya final Liga Champions musim 2019/2020 dan final Liga Europa musim 2019/2020 mendatang?

Advertisements

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: